VISI MISI DAN TUJUAN SEKOLAH

A. Visi

Dengan menganalisa  potensi yang ada di SMP Negeri 6 Tanah Merah baik dari segi input/ peserta didik baru, kompetensi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, lingkungan sekolah,  peran serta masyarakat, dan out come/ keberhasilan  lulusan  SMP Negeri 6 Tanah Merah serta masyarakat sekitar sekolah yang hetrogen, serta melalui komunikasi dan koordinasi yang intensif antar sekolah dengan  warga sekolah maupun dengan stakeholder, tersusunlah visi sekolah.

Adapaun visi SMP Negeri 6 Tanah Merah adalah : ”RELIGIUS, BERBUDAYA, CERDAS DAN TRAMPIL”

B. Misi

  1. Membentuk warga sekolah yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur dengan mengembangkan sikap dan perilaku religius baik didalam sekolah maupun diluar sekolah
  2. Membentuk warga sekolah yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur dengan mengembangkan sikap dan perilaku religius baik didalam sekolah maupun diluar sekolah
  3. Mengembangkan budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, bekerjasama, saling menghargai, displin , jujur, kerja keras, kreatif dan inovatif.
  4. Meningkatkan nilai kecerdasan, cinta ilmu dan keingin tahuan peserta didik dalam bidang akademik maupun non akademik
  5. Menciptakan suasana pembelajaran yang menantang, menyenangkan, komunikatif, tanpa takut salah, dan demokratis.
  6. Mengupayakan pemanfaatan waktu belajar, sumber daya fisik, dan manusia agar memberikan hasil yang terbaik bagi perkembangan peserta didik.
  7. Menanamkan kepedulian sosial dan lingkungan, cinta damai, cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan hidup demokratis.

C.  Tujuan Sekolah

Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan sekolah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut ini.

  1. Terpenuhinya perangkat pembelajaran untuk  semua mata pelajaran dengan mempertimbangkan   pengembangan nilai religius dan budi pekerti luhur.
  2. Terwujudnya budaya gemar membaca, kerjasama, saling menghargai, displin, jujur, kerja keras,   kreatif dan inovatif.
  3.  Terwujudnya peningkatan Prestasi dibidang Akademik dan non-Akademik
  4. Terwujudnya suasana pembelajaran yang menantang, menyenangkan, komunikatif, tanpa takut     salah, dan demokratis.
  5. Terwujudnya efisiensi waktu belajar, optimalisasi penggunaan sumber belajar dilingkungan         untuk   menghasilkan karya dan prestasi yang maksimal.
  6. Terwujudnya lingkungan sekolah yang memiliki kepedulian sosial dan lingkungan, cinta damai,   cinta tanah air, semangat kebangsaan, serta hidup demokratis.